Tampang

Turbulensi pada Pesawat Terbang Penyebab dan Faktor Terjadinya

31 Mei 2024 15:18 wib. 73
0 0
Turbulensi pada Pesawat Terbang
Sumber foto: Google

Turbulensi merupakan fenomena yang sering dialami oleh penumpang pesawat terbang. Ini adalah perubahan cepat dalam kecepatan dan arah angin yang menyebabkan pesawat berguncang. Meskipun biasanya tidak berbahaya, turbulensi bisa sangat menakutkan dan tidak nyaman. Artikel ini akan membahas penyebab utama turbulensi dan bagaimana pilot dan teknologi penerbangan modern menghadapinya.

 1. Jet Stream
Jet stream adalah aliran udara cepat yang berada di atmosfer atas dan biasanya mengalir dari barat ke timur. Jet stream dapat menyebabkan turbulensi ketika pesawat melintasi atau terbang di dekatnya. Perbedaan kecepatan angin di dalam dan di sekitar jet stream menyebabkan perubahan tekanan yang mendadak, yang menghasilkan turbulensi.

 2. Turbulensi Cuaca
Turbulensi cuaca disebabkan oleh kondisi atmosfer yang ekstrem seperti badai, angin kencang, dan hujan lebat. Badai petir, misalnya, memiliki arus udara naik dan turun yang kuat yang dapat menyebabkan pesawat mengalami guncangan hebat. Pilot biasanya menghindari terbang melalui badai untuk mengurangi risiko ini.

 3. Turbulensi Mekanik
Turbulensi mekanik terjadi ketika angin bertemu dengan penghalang seperti pegunungan, gedung tinggi, atau bahkan hutan lebat. Angin yang melewati penghalang ini menciptakan aliran udara yang tidak stabil di sekitarnya. Ini dapat menyebabkan turbulensi yang intens di sekitar area tersebut. Sebagai contoh, ketika pesawat terbang rendah di dekat pegunungan, angin yang bertiup melintasi pegunungan dapat menyebabkan turbulensi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Lowongan Kerja Tour Sales
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%