Tampang

Sumedang Menjadi Tuan Rumah Bendungan Cipanas Mewah Rp 2 Triliun

9 Jul 2024 12:25 wib. 118
0 0
Sumedang Menjadi Tuan Rumah Bendungan Cipanas Mewah Rp 2 Triliun
Sumber foto: harianhaluan.id

Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kini bisa merayakan keberhasilan pembangunan mega proyek bendungan raksasa yang diberi nama Bendungan Cipanas. Diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, bendungan ini terletak di Kecamatan Ujung Jaya Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Proyek ini menjadi tanda kebangkitan sektor infrastruktur di Indonesia dan menunjukkan komitmen pemerintah dalam pembangunan nasional.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, pembangunan Bendungan Cipanas dimulai sejak tahun 2016 dan berhasil diselesaikan pada tahun 2023 dengan total anggaran mencapai Rp2 triliun. Bentuk komitmen pemerintah terhadap sektor pertanian, Bendungan Cipanas memiliki kapasitas tampungan hingga 250 juta meter kubik. Keberadaan bendungan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pertanian di Jawa Barat, terutama dalam meningkatkan volume produksi pertanian.

Basuki Hadimuljono dalam kesempatan tersebut menyatakan optimisme bahwa pembangunan Bendungan Cipanas akan mengubah pola tanam di sekitar wilayah Sumedang, yakni dari 120% menjadi 240%. Artinya, luas lahan yang sebelumnya hanya mampu menanam satu kali dalam setahun, kini dapat meningkat menjadi dua kali lipat bahkan lebih. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan produksi pertanian di daerah tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?