Tampang

Sumedang Menjadi Tuan Rumah Bendungan Cipanas Mewah Rp 2 Triliun

9 Jul 2024 12:25 wib. 117
0 0
Sumedang Menjadi Tuan Rumah Bendungan Cipanas Mewah Rp 2 Triliun
Sumber foto: harianhaluan.id

Bendungan Cipanas juga memiliki manfaat lainnya bagi Jawa Barat, yakni dalam meningkatkan cadangan air baku serta pengendalian banjir. Daerah-daerah seperti Sumedang, Losarang, dan Cantigi diharapkan akan merasakan manfaat dari keberadaan bendungan ini. Dampak positif juga dapat dirasakan oleh Kabupaten Indramayu dan Majalengka, yang akan mendapat suplai air dari Bendungan Cipanas.

Menanggapi hal ini, Pj Gubernur Jawa Barat Bei Mahmudin juga menyampaikan manfaat besar yang akan didapat dari Bendungan Cipanas. Luas lahan pertanian yang bisa diairi oleh Bendungan Cipanas mencapai 9.273 hektare, yang diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam padi dari sebelumnya satu kali menjadi dua hingga tiga kali setiap tahunnya. Kondisi ini secara langsung akan menghasilkan peningkatan produksi padi dalam jumlah yang signifikan, yang pada akhirnya mendukung ketahanan pangan nasional.

Dari aspek lingkungan, Bendungan Cipanas juga diharapkan mampu menyuplai air baku sebesar 0,85 meter kubik per detik sambil membantu mengurangi risiko banjir hingga 243 meter kubik air per detik. Selain itu, potensi untuk menghasilkan energi listrik sebesar 3 megawatt juga menjadi nilai tambah dari keberadaan bendungan ini.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?