Tampang

Sampah Organik: Potensi Besar untuk Pupuk Kompos dan Biogas

6 Jul 2024 18:34 wib. 168
0 0
Sampah Organik
Sumber foto: lenteradesa.id

Sampah organik menjadi salah satu permasalahan lingkungan yang perlu mendapatkan perhatian serius. Sebagian besar masyarakat masih kurang peduli akan dampak buruk sampah organik terhadap lingkungan hidup. Padahal, sampah organik memiliki potensi besar untuk menjadi sumber daya yang bermanfaat, seperti pupuk kompos dan biogas.

Sampah organik merupakan jenis sampah yang berasal dari bahan-bahan organik, seperti sisa makanan, ampas sayuran, daun kering, jerami, dan lain sebagainya. Dalam kondisi yang benar, sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos yang sangat berguna bagi pertanian. Proses pengomposan sampah organik akan menghasilkan pupuk kompos yang kaya akan unsur hara dan mikroorganisme, sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman secara alami.

Selain itu, sampah organik juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas. Biogas adalah gas metana yang dihasilkan dari proses fermentasi sampah organik oleh bakteri anaerob. Biogas memiliki potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, penerangan, dan bahkan sebagai penggerak mesin industri. Penggunaan biogas sebagai pengganti bahan bakar fosil juga akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.