Tampang

Peluang Kerja Sama Indonesia dan Libya di Bidang Ketenagakerjaan

26 Mei 2024 19:51 wib. 220
0 0
Peluang Kerja Sama Indonesia dan Libya di Bidang Ketenagakerjaan
Sumber foto: google

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan sedang menjajaki peluang kerja sama di bidang ketenagakerjaan dengan Pemerintah Libya. Kerja sama ini mencakup pengembangan K3, penempatan tenaga kerja profesional, dan program pelatihan. Baik Indonesia maupun Libya memiliki sumber daya manusia yang berpotensi untuk saling mendukung dan memperkuat perekonomian kedua negara. 

Indonesia, dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, memiliki pasar tenaga kerja yang besar. Sementara itu, Libya merupakan salah satu produsen minyak terkemuka di wilayah Timur Tengah Afrika. Kedua negara tersebut memiliki kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil, terutama di sektor minyak dan gas. Hal ini menjadikan bidang ketenagakerjaan sebagai potensi yang menarik untuk dieksplorasi dalam kerja sama antara Indonesia dan Libya.

Salah satu bentuk kerja sama yang dapat dijajaki adalah pertukaran tenaga kerja antara kedua negara. Indonesia memiliki banyak tenaga kerja yang terampil di berbagai bidang, mulai dari petrokimia, konstruksi, hingga pengolahan minyak dan gas. Sementara itu, Libya memiliki kebutuhan akan tenaga kerja terampil di sektor minyak dan gas serta infrastruktur. Dengan adanya pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pekerja Indonesia dan Libya, kedua negara dapat saling memperkaya dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja masing-masing.

Kerja sama ini juga mencakup pertukaran informasi, kunjungan, comparative study, penyelenggaraan seminar, proyek bersama, bantuan teknis, dan pertukaran tenaga ahli. Selain itu, Pemerintah Indonesia menekankan penempatan pekerja migran Indonesia yang mempunyai keterampilan sesuai dengan bidangnya dan tersertifikasi untuk pekerjaan di sektor formal. Ini sejalan dengan UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%