Tampang

PBB Mengungkap Ancaman Pemanasan Global Terhadap Indonesia

14 Jul 2024 09:39 wib. 131
0 0
PBB Mengungkap Ancaman Pemanasan Global Terhadap Indonesia
Sumber foto: iStock

Tahun 2023 melaporkan total 79 bencana yang terkait dengan bahaya hidrometeorologi di Asia, sebagaimana dilaporkan oleh Emergency Events Database. Darijumlah tersebut, lebih dari 80% terkait dengan peristiwa banjir dan badai, dengan lebih dari 2.000 korban jiwa dan sembilan juta orang terkena dampak langsung. Meskipun risiko kesehatan yang ditimbulkan semakin meningkat, penduduk Asia masih beruntung karena tidak ada kematian yang dilaporkan.

Di tahun yang sama, negara-negara yang rentan terkena dampak yang tidak proporsional. Sebagai contoh, topan tropis Mocha, topan terkuat di Teluk Benggala dalam satu dekade terakhir, menghantam Bangladesh dan Myanmar. Menurut Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (ESCAP), Armida Salsiah Alisjahbana, "Peringatan dini dan kesiapsiagaan yang lebih baik telah menyelamatkan ribuan nyawa."

Dalam laporan yang sama, juga dimuat bagaimana kenaikan permukaan laut dari Januari 1993 hingga Mei 2023. State of the Climate in Asia 2023 juga memberikan data indikasi kenaikan air laut yang meliputi wilayah Indonesia, dimana banyak area mengindikasikan Global Mean Sea Level (GMSL) di atas rata-rata global, yakni 3,4 atau ± 0,33 mm per tahun. Laporan ini menyebutkan bahwa Indonesia sendiri berada di wilayah berwarna kuning yang mengindikasikan peringatan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fakta Madu Asli dan Semut
0 Suka, 0 Komentar, 2 Apr 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.