Tampang

Partisipasi Pertamina dalam Pelestarian Ekosistem Sungai Melalui Gerbang Biru Ciliwung

19 Jun 2024 08:15 wib. 48
0 0
Partisipasi Pertamina dalam Pelestarian Ekosistem Sungai Melalui Gerbang Biru Ciliwung
Sumber foto: portonews.com

PT Pertamina (Persero) turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan melalui Gerakan Membangun Bersih Indah Lestari Rahayu Ciliwung (Gerbang Biru Ciliwung). Program ini telah diumumkan resmi dalam Festival Ciliwung 2024 yang berlangsung pada Sabtu, 15 Juni 2024, di Omah Maja, Depok, Jawa Barat. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam skema Pentahelix, Gerbang Biru Ciliwung menjadi wujud nyata kolaborasi lintas sektor untuk melestarikan Sungai Ciliwung.

Festival Ciliwung yang mengintegrasikan lima pihak yaitu akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat dan komunitas, serta media, menjadi momentum penting bagi upaya pelestarian lingkungan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pun mengapresiasi kolaborasi lintas sektor ini, dengan harapannya agar program-program lingkungan dapat terus terwujud secara luas.

Dalam kesempatan tersebut, Nurbaya juga menyoroti pentingnya perlindungan sumber daya air sebagai elemen vital bagi kehidupan manusia dan ekosistem. Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Ministerial Declaration on Water For Shared Prosperity di World Water Forum 2024, yang mendorong konservasi dan perlindungan sumber daya air, termasuk pengelolaan air berkelanjutan di sungai-sungai.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris menegaskan bahwa kolaborasi lintas sektor dalam pelestarian sungai tak hanya terfokus pada Sungai Ciliwung, namun juga sungai-sungai lain yang ada di wilayahnya, seperti Sungai Cisadane.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%