Tampang

Nasib Yurika: Perjuangan Seorang Bocah Penjual Tisu untuk Masa Depannya

28 Apr 2024 09:10 wib. 48
0 0
Yurika Penjual Tisu Dibully
Sumber foto: Instagram

Nasib pilu Yurika, seorang bocah penjual tisu, telah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Yurika harus bersusah payah menjalani kehidupannya yang penuh dengan perundungan dari teman-temannya di sekolah. Ketika kabar ini sampai kepada Kak Seto, mantan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) ini pun ikut buka suara, meminta Dinas Sosial Kota Bandung untuk menangani kasus Yurika dengan serius.

Yurika kerap mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya, yang sering mem-bully dengan menyebutnya 'bau tai'. Di samping itu, Yurika juga harus bekerja keras menjajakan tisu di sekitaran tempat wisata Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut Kak Seto, kondisi ini menempatkan Yurika dalam kategori pekerja anak, yang seharusnya tidak dibiarkan terjadi.

Kak Seto juga menegaskan bahwa anak seperti Yurika sepatutnya tidak diharuskan untuk bekerja membantu orang tua pada usianya yang masih sangat muda. Anak-anak seusianya seharusnya memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan waktu untuk bermain dengan bahagia. Pembiaran terhadap kondisi hidup Yurika merupakan suatu hal yang tidak boleh dibiarkan, dan Dinas Sosial Kota Bandung diharapkan dapat menindaklanjuti dengan serius kasus yang menjadi viral tersebut.

Pengakuan Yurika tentang perlakuan kasar yang dialaminya telah menjadi bukti yang tidak bisa diabaikan. Meskipun Yurika telah melaporkan kejadian tersebut kepada guru di sekolah, namun tidak ada tindak lanjut yang serius dari pihak sekolah. Kak Seto menekankan bahwa pembiaran seperti ini merupakan salah satu yang menjadi penyebab maraknya perundungan terhadap anak-anak di sekolah. Seharusnya, pihak sekolah, terutama guru dan kepala sekolah, segera menghentikan tindak kekerasan tersebut sesuai amanat Undang-Undang Perlindungan Anak.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?