Tampang

Mengenal Ancaman Ngeri Megathrust yang Diinvestigasi BMKG dkk.

21 Mei 2024 20:18 wib. 273
0 0
Mengenal Ancaman Ngeri Megathrust
Sumber foto: google

Zona megathrust merupakan wilayah pertemuan antar-lempeng tektonik Bumi yang memiliki potensi menyimpan energi besar dan bisa memicu gempa dahsyat serta tsunami dengan ketinggian hingga puluhan meter. Untuk menginvestigasi lebih rinci akan potensi bahaya di zona ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang mempersiapkan sebuah ekspedisi dengan menumpang kapal ekspedisi OceanXplorer milik lembaga non-profit OceanX.

Area yang akan diteliti mencakup Subduksi Sunda, Subduksi Banda, Subduksi Sulawesi, Subduksi Lempeng Laut Filipina, Lempeng Laut Maluku, hingga Subduksi Utara Papua. Ekspedisi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap potensi bahaya megathrust.

Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, menjelaskan bahwa megathrust adalah area pertemuan antar-lempeng tektonik yang dapat menyimpan tegangan tektonik besar. Tegangan ini bisa melebihi batas elastisitas batuan sehingga menyebabkan patahan bergeser secara tiba-tiba dan memicu gempa besar.

Peta Sumber dan Bahaya Gempabumi Indonesia tahun 2017 mencatat adanya 13 megathrust yang mengancam Indonesia, termasuk diantaranya adalah megathrust di Selat Sunda dan Jawa Tengah bagian barat, yang memiliki potensi gempa dengan magnitudo hingga 8,7.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ingin Buka Bisnis Kue? Inilah Jurusnya
0 Suka, 0 Komentar, 17 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%