Tampang

Menaker Bawa Misi Pelindungan Pekerja dan Kesetaraan di Konferensi Perburuhan Internasional

6 Jun 2024 13:44 wib. 39
0 0
Menaker Bawa Misi Pelindungan Pekerja dan Kesetaraan di Konferensi Perburuhan Internasional
Sumber foto: google

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menghadiri konferensi perburuhan internasional yang bertujuan untuk membahas isu-isu perlindungan pekerja dan kesetaraan di dunia kerja. Dalam konferensi yang dihadiri oleh para pejabat pemerintah, pengusaha, dan serikat buruh dari berbagai negara ini, Menaker menyampaikan misi Indonesia dalam melindungi pekerja dan mewujudkan kesetaraan di lingkungan kerja.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian acara Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-112 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada tanggal 3-14 Juni 2024. ILC ke-112 ini mengangkat tema “Towards a renewed social contract”. Menaker Ida mengatakan bahwa pemerintah Indonesia mendukung penyelenggaraan ILC ke-112 sebagai sarana meningkatkan komitmen dan kerja sama bidang ketenagakerjaan di antara negara-negara anggota International Labour Organization (ILO).

Menaker menjelaskan, ILC yang digelar secara rutin setiap tahun itu melibatkan unsur tripartit dari 187 negara anggota ILO yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur pengusaha, dan unsur serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB)."Saya harap semua delegasi Indonesia dalam pertemuan ILC ini, akan bersuara dan mengungkapkan pendapat serta semangat yang sama untuk memajukan dunia ketenagakerjaan di Indonesia,” katanya.

Salah satu fokus utama dari misi Menaker dalam konferensi perburuhan internasional ini adalah upaya untuk memastikan hak-hak pekerja migran dilindungi secara adekuat. Menurut data International Labour Organization (ILO), pekerja migran sering kali rentan terhadap eksploitasi dan diskriminasi di tempat kerja. Oleh karena itu, Indonesia bersama dengan negara-negara lain berkomitmen untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran melalui implementasi kebijakan yang berkeadilan dan berpihak pada pekerja.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%