Tampang

Keren! Tol Bakauheni Terbanggi Besar Uji Coba Marka Jalan Pakai Getah Pinus

12 Sep 2024 00:00 wib. 62
0 0
Tol Bakauheni Terbanggi Besar Uji Coba Marka Jalan Pakai Getah Pinus
Sumber foto: website

Tampang.com | Terdengar seperti kabar menarik di dunia lalu lintas! Tol Terbanggi Besar (Bakter) PT Bakauheni Terbanggi Besar Toll (BTB Toll) telah melakukan uji coba pembuatan marka jalan menggunakan bahan pengelolaan getah pinus dan olahan minyak kelapa sawit. Getah pinus atau Gondorukem, adalah hasil dari proses destilasi getah pinus. Sementara itu, gliserol atau minyak kelapa sawit, adalah senyawa organik yang dihasilkan dari hidrolisis minyak kelapa sawit dengan air. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah untuk pembuatan marka jalan.

Menurut Ade Rintoro, seorang ahli pemasaran dan riset pengembangan dari Hakaaston (HKA), pemanfaatan getah pinus dan minyak kelapa untuk marka jalan bertujuan untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau nilai persentase dari komponen produksi dalam negeri. Dalam keterangannya, Ade menyatakan bahwa penggunaan gondorukem dan gliserol dalam pembuatan marka jalan ini pertama kali diuji coba di jalan tol, khususnya Ruas Tol Bakter. Harapannya, bahan ini akan meningkatkan kualitas dan daya tahan marka jalan.

Dosen peneliti dari ITB, Aqsha, menyatakan bahwa bahan pembuatan marka jalan dengan menggunakan gondorukem dan gliserol sudah banyak digunakan di luar negeri dan kini sedang dikembangkan di Indonesia. "Bahan-bahan ini mudah didapat di Indonesia, sehingga harapannya dapat mengurangi impor," ujarnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?