Tampang

Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Tanggal 12 Maret 2024

16 Mar 2024 06:30 wib. 102
0 0
Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Tanggal 12 Maret 2024
Sumber foto: Google

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. Keputusan ini memastikan awal bulan suci bagi umat Islam di Indonesia, yang menandai dimulainya ibadah puasa Ramadhan.

1 Ramadhan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan penuh berkah ini menjadi waktu di mana umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Dalam bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan perilaku yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Pengumuman resmi tentang penetapan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 disambut dengan antusias oleh umat Islam di Indonesia. Kemenag selalu berupaya untuk melakukan perhitungan dengan cermat dan akurat berdasarkan penerapan kriteria ilmiah dan hisab, serta berkoordinasi dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) di berbagai daerah. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penetapan awal bulan Ramadhan dapat dilakukan secara tepat dan akurat.

Menetapkan awal bulan Ramadhan adalah suatu tugas yang penting bagi Kemenag, karena hal ini akan memengaruhi pelaksanaan ibadah puasa, jadwal salat tarawih, serta penentuan malam Lailatul Qadar. Penetapan ini juga penting untuk menentukan hari kapan Idul Fitri atau Hari Raya akan jatuh.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?