Tampang

Jemaah Haji Dilarang Bawa Zamzam di Koper, Dendanya Capai Rp 25 Juta

22 Jun 2024 19:33 wib. 55
0 0
Jemaah Haji Dilarang Bawa Zamzam di Koper, Dendanya Capai Rp 25 Juta
Sumber foto: google

Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau para jemaah haji untuk tidak membawa air zamzam dalam koper bagasi saat kepulangan ke Tanah Air. Larangan jemaah haji membawa air zamzam ke koper bagasi ini menyesuaikan aturan penerbangan maskapai Garuda Indonesia. Salah satu aturan terbaru yang menarik perhatian adalah larangan membawa air zamzam dalam koper. Larangan ini diberlakukan oleh pihak berwenang dengan alasan keamanan, namun juga diikuti dengan sanksi yang cukup berat jika dilanggar, yaitu denda hingga Rp 25 juta.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Abdillah mengimbau agar jemaah mematuhi aturan terkait barang bawaan dalam penerbangan. Jemaah haji diminta tidak membawa barang bawaan yang melebihi ketentuan.“Terkait barang bawaan nanti, kami mengimbau jemaah untuk mematuhi aturan penerbangan terkait barang bawaan,” kata Abdillah dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Jumat (21/6/2024).

Air zamzam memiliki makna dan nilai spiritual yang sangat penting bagi umat Muslim, terutama bagi jemaah haji yang memperolehnya saat menjalankan ibadah haji di Mekah. Air zamzam dianggap suci dan memiliki berkah, sehingga menjadi pengingat yang kuat akan pengalaman dan keberkahan ibadah haji bagi jemaah yang membawanya pulang ke tanah air. Oleh karena itu, larangan membawa air zamzam dalam koper tentu saja menimbulkan kekecewaan bagi jemaah haji yang ingin membawa kenang-kenangan spiritual tersebut pulang ke Indonesia.

Abdillah menjelaskan, koper bagasi akan diangkut terlebih dahulu oleh maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Jemaah hanya boleh membawa dua tas. Sementara itu, tas bagasi berat 32 kg akan diangkut dengan kargo pesawat, sehingga tidak dibenarkan jemaah membawa barang bawaan lebih dari dua tas tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

snptn 2017
0 Suka, 0 Komentar, 26 Apr 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%