Tampang

Gunung Marapi Kembali Meletus, Waspada Aliran Lahar Dingin!

27 Okt 2024 15:15 wib. 22
0 0
Gunung Marapi Kembali Meletus
Sumber foto: website

Gunung Marapi, gunung api yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali meletus pada pukul 13.05 WIB, Sabtu (26/10/2024), menyemburkan abu vulkanik dari kawahnya.

Menurut Pos Pengamat Gunung Api (PGA), tinggi kolom abu yang teramati mencapai sekitar 800 meter dari puncak kawah dengan ketinggian gunung tersebut mencapai 3.691 meter di atas permukaan laut. Kolom abu tersebut berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3.3 mm dan durasi sementara ini 7 menit 23 detik.

Sejak turun status dari siaga turun ke level II atau waspada, Gunung Marapi masih terus berfluktuatif. Oleh karena itu, petugas PGA meminta kepada warga agar tidak melakukan kegiatan di dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi atau kawah gunung.

Warga yang tinggal di sekitar lembah, aliran, atau bantaran sungai-sungai berhulu di puncak Gunung Marapi senantiasa mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama saat musim hujan. Hal ini mengingat bahwa aktivitas gunung meletus dapat meningkatkan risiko aliran lahar yang dapat membahayakan pemukiman penduduk di sekitarnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

PKI
0 Suka, 0 Komentar, 12 Mei 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.