Tampang

Gempa M 6.0 Guncang Tanimbar Maluku

25 Jun 2024 11:52 wib. 36
0 0
Gempa M 6.0 Guncang Tanimbar Maluku
Sumber foto: google

Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 baru saja mengguncang wilayah Tanimbar, Maluku. Gempa terjadi pada pukul 16:55:01 WIB."Lokasi gempa 170 km Barat laut Tanimbar. Kedalaman 153 km. Lokasi di 7.14 LS 130.2 BT," demikian peringatan dini yang dirilis BMKG, hasil pemutakhiran data pukul 16:58:04 WIB. Gempa tidak berpotensi Tsunami. Namun BMKG memperingatkan agar hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tak terduga datangnya. Kekuatan gempa diukur dengan menggunakan skala Richter atau Magnitudo (M). Gempa bumi dengan magnitudo 6.0 adalah gempa yang tergolong besar, mampu menyebabkan kerusakan yang signifikan terhadap bangunan dan infrastruktur. Meskipun memiliki kedalaman yang dangkal, guncangan gempa ini mampu menimbulkan dampak yang cukup serius bagi wilayah yang terkena dampaknya.

Hal ini membuat Tanimbar Maluku secara alami berada dalam risiko tinggi terhadap terjadinya gempa bumi. Terlebih lagi, adanya aktivitas subduksi lempeng di wilayah tersebut semakin menyuburkan potensi terjadinya gempa bumi yang bahkan dapat disertai dengan tsunami.

Dampak dari gempa M 6.0 ini telah dirasakan oleh masyarakat sekitar. Beberapa bangunan mengalami kerusakan, meskipun tidak terlalu parah. Komunikasi dan transportasi di sejumlah daerah juga terganggu akibat getaran yang cukup kuat. Masyarakat sekitar terpaksa mengungsi demi keselamatan diri mereka sendiri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%