Tampang

Gempa 4,7 Magnitudo Guncang Barat Daya Aceh

19 Sep 2024 21:32 wib. 15
0 0
Ilustrasi
Sumber foto: website

Gempa bumi dengan kekuatan 4,7 magnitudo (M) mengguncang Barat Daya Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 10 Km. Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada pukul 12.57 WIB, Kamis (19/9/2024), dengan koordinat episentrum gempa berada di 3.30 Lintang Utara dan 93.33 Bujur Timur.

Menurut keterangan BMKG, informasi terkait gempa tersebut disampaikan dalam tweet resmi mereka, "Mag:4.7, 19-Sep-2024 12:57:50 WIB, Lok:3.30LU, 93.33BT (290 km BaratDaya CALANG-ACEH JAYA), Kedalalaman:10 Km."

Ditegaskan bahwa titik gempa terdapat di lokasi 290 kilometer di sebelah Barat Daya Calang, Aceh Jaya, dengan kedalaman 10 kilometer. Sampai saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau kejadian yang membahayakan akibat dari gempa tersebut. Pihak BMKG juga menyampaikan disclaimer terkait informasi yang disebarkan, "Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data."

Gempa bumi selalu menjadi peristiwa yang menarik perhatian publik, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan gempa seperti Indonesia, termasuk daerah Aceh. Sebagai bagian dari Cincin Api Pasifik, Indonesia seringkali menjadi saksi dari gempa bumi yang terjadi secara periodik.

Aktivitas gempa bumi tersebut terjadi karena adanya pergerakan lempeng bumi di bawah permukaan laut, sehingga mengakibatkan energi yang dilepaskan dalam bentuk gempa. Oleh karena itu, menjaga kewaspadaan dan sistem peringatan dini akan mengurangi risiko dalam menghadapi bencana alam ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?