Tampang

Freeport: Pembeli Katoda Tembaga Smelter Manyar Cuma ‘Omon-Omon’

10 Okt 2024 05:34 wib. 76
0 0
Freeport: Pembeli Katoda Tembaga Smelter Manyar Cuma ‘Omon-Omon’
Sumber foto: iStock

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas menyatakan bahwa pembeli katoda tembaga dari dalam negeri, sebagai hasil olahan dari pabrik pemurnian atau smelter, masih bersifat ‘omon-omon’ atau sekadar wacana tak konkret.

Dalam kesempatan yang sama, Tony menjelaskan bahwa separuh dari hasil produksi smelter miliknya di PT Smelting diekspor dan sebanyak 200.000 ton yang terserap dalam negeri. Namun, calon pembeli atau offtaker dalam negeri untuk katoda tembaga, yang dihasilkan oleh smelter baru di Manyar, Gresik, Jawa Timur dengan nilai investasi Rp56 triliun, baru sebanyak 50.000 ton hingga 100.000 ton dari pabrik copper foil di KEK JIIPE, tetapi belum ada komitmen.

Meskipun demikian, Tony menyatakan bahwa industri yang lebih hilir perlu diutamakan. Dalam agenda BNI Investor Daily Summit 2024, Tony menegaskan bahwa walaupun pembeli katoda tembaga dari luar negeri sudah ada, namun pembeli dari dalam negeri masih banyak yang belum komitmen. Hal ini menjadikan perkembangan industri tersebut terhambat, meskipun investasi sebesar Rp56 triliun telah dikeluarkan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.