Tampang

BMKG Peringatkan Potensi Tinggi Bencana Hidrometeorologi di Akhir 2024, Waspada!

15 Okt 2024 19:42 wib. 21
0 0
bmkg
Sumber foto: Google

Tampang.com | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan mengenai potensi meningkatnya bencana hidrometeorologi yang diperkirakan terjadi di penghujung tahun 2024. Peringatan ini menyoroti adanya peningkatan curah hujan, potensi banjir, longsor, serta angin kencang yang dipicu oleh fenomena cuaca ekstrem yang biasanya terjadi di musim penghujan.

Apa Itu Bencana Hidrometeorologi?
Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan iklim, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, serta badai. Di Indonesia, bencana jenis ini menjadi sangat umum terjadi pada musim penghujan, terutama di wilayah dengan curah hujan yang tinggi dan infrastruktur yang kurang siap.

BMKG memperingatkan bahwa perubahan pola cuaca global, termasuk kemungkinan adanya fenomena La Niña dan anomali suhu permukaan laut, akan berdampak pada intensitas hujan yang lebih tinggi di beberapa wilayah Indonesia. Ini membuat ancaman bencana hidrometeorologi semakin nyata, khususnya di wilayah-wilayah rawan banjir dan longsor.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rivalitas Legendaris Senna vs Prost
0 Suka, 0 Komentar, 5 Agu 2024
Toward Indonesia Emas 2045
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mei 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.