Tampang

Bendahara TKN Prabowo-Gibran Diangkat Jadi Komut Pertamina Gantikan Ahok

12 Jun 2024 10:00 wib. 64
0 0
Bendahara TKN Prabowo-Gibran Diangkat Jadi Komut Pertamina Gantikan Ahok
Sumber foto: google

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Simon Aloysius Mantiri jadi Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero). Hal itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Pertamina yang dilaksanakan hari ini, Senin (10/6/2024). Di satu sisi, ada yang mendukung keputusan ini karena melihat pengalaman dan kemampuan Gibran sebagai sosok muda yang berpotensi. Namun, di sisi lain, ada kekhawatiran akan adanya kepentingan politik di balik penunjukan tersebut.

Simon ditunjuk untuk mengisi kekosongan jabatan Komut Pertamina yang sebelumnya ditempati Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Adapun Ahok diketahui mundur dari jabatan Komut Pertamina sejak 2 Februari 2024 lalu. Sementara Simon sendiri diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Selain menetapkan Simon sebagai Komut Pertamina, dalam RUPST juga diputuskan pengangkatan Condro Kirono sebagai Komisaris Independen. Condro merupakan Mantan Kapolda Jawa Tengah.

Simon menempati posisi Komisaris Utama Pertamina yang kosong setelah ditinggalkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada 2 Februari 2024 lalu. Ahok mundur dari jabatannya agar dapat berkampanye untuk calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 14 Februari 2024 lalu. 

Adapun Simon Aloysius Mantiri diketahui merupakan orang dekat Prabowo Subianto yang berperan penting dalam kemenangan Menteri Pertahanan itu dalam Pilpres 2024 lalu. Dia adalah salah satu anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Simon juga merupakan petinggi Partai Gerindra sekaligus Wakil Bendahara TKN Prabowo-Gibran. Lantas, bagaimana sebenarnya profil Simon Aloysius Mantiri yang jadi Komisaris Utama PT Pertamina.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%