Tampang

Gejala-Gejala Penyakit Cacar Air

22 Apr 2024 00:08 wib. 62
0 0
Gejala Cacar

Cacar air adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak, namun dapat juga menyerang orang dewasa. Gejala-gejala penyakit cacar air umumnya muncul dalam waktu 10 hingga 21 hari setelah terpapar virus, dan dapat ditandai dengan beberapa tanda yang khas. Berikut adalah beberapa gejala-gejala yang perlu diwaspadai:

Ruam Merah dan Gatal

Gejala pertama yang umumnya muncul pada penderita cacar air adalah munculnya ruam berwarna merah yang sangat gatal di seluruh tubuh. Ruam ini dapat menyebar dalam waktu singkat dan menutupi hampir seluruh tubuh penderita. Ruam ini dapat muncul dalam bentuk bintik-bintik kecil yang kemudian berkembang menjadi gelembung yang berisi cairan. Ketika gelembung tersebut pecah, mereka akan mengering dan membentuk kerak, yang kemudian akan menghilang dalam beberapa minggu.

Demam dan Gangguan Pencernaan

Penderita cacar air umumnya juga akan mengalami demam ringan hingga sedang, disertai dengan kelelahan dan kelemahan tubuh. Gejala ini dapat dialami sebelum ruam muncul, dan dapat bertahan selama beberapa hari. Selain itu, beberapa penderita juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan diare.

Sakit Kepala dan Kehilangan Nafsu Makan

Sakit kepala juga sering kali menjadi gejala yang dialami oleh penderita cacar air. Kepala terasa nyeri dan berat, membuat penderita merasa tidak nyaman. Selain itu, kehilangan nafsu makan juga sering kali terjadi, sehingga penderita cenderung mengalami penurunan berat badan.

Keluhan pada Saluran Pernapasan

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?