Tampang

Adhi Karya Minta Suntikan PMN Rp 2 Triliun untuk 2 Proyek Tol Ini

8 Jul 2024 21:59 wib. 135
0 0
Adhi Karya Minta Suntikan PMN Rp 2 Triliun untuk 2 Proyek Tol Ini
Sumber foto: iStock

PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) telah mengajukan permohonan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 2,09 triliun untuk tahun 2025. Menurut Direktur Utama Adhi Karya, Entus Asnawi Mukhson, dana tersebut akan dialokasikan untuk menyelesaikan dua proyek strategis nasional (PSN), yaitu jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo dan tol Yogyakarta-Bawen.

Dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta pada Senin, 8 Juli 2024, Entus mengungkapkan bahwa dari total PMN yang diajukan sebesar Rp 2 triliun, sebanyak Rp 1,9 triliun akan digunakan untuk proyek tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo dan tol Yogyakarta-Bawen akan menerima dana sebesar Rp 173 miliar.

Entus menjelaskan bahwa pengajuan PMN ini dipandang sebagai opsi terbaik mengingat adanya perubahan kondisi pada kedua proyek tersebut. Misalnya, kondisi saham ADHI pada pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo mengalami perubahan, meningkat dari 24% menjadi 47,18%, dengan perubahan yang terjadi pada PT Dayamulia Turangga dan PT Gama Group.

Selain itu, terdapat perubahan kondisi lainnya pada pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen, sebagai akibat dari kenaikan biaya konstruksi dan investasi dari Rp 14,2 triliun menjadi Rp 18,3 triliun. Sehingga kebutuhan ekuitas yang semula sebesar Rp 1,9 triliun kini meningkat menjadi Rp 3,8 triliun.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?