Tampang

UNESCO Mengesahkan Usulan Indonesia dan 30 Negara Lainnya: Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Ditetapkan Sebagai Hari Besar Keagamaan

30 Mar 2024 20:13 wib. 103
0 0
Dalam Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-219 di Paris pada Selasa, 26 Maret 2024 waktu setempat UNESCO mengesahkan Idulfitri dan Iduladha sebagai hari besar keagamaan.
Sumber foto: (Reuters/Philippe Wojazer)

Pada tanggal 16 November 2021, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah mengesahkan usulan dari Indonesia bersama dengan 30 negara anggota lainnya untuk menjadikan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan. Keputusan ini memberi dampak signifikan karena UNESCO telah menetapkan bahwa pada saat kedua hari raya Islam tersebut, UNESCO tidak akan menyelenggarakan pertemuan resmi apapun di Markas Besar UNESCO, Paris.

Keputusan tersebut merupakan langkah yang patut diapresiasi, karena mengakui pentingnya hari raya keagamaan bagi masyarakat Indonesia dan 30 negara anggota UNESCO lainnya. Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dengan penetapan ini, UNESCO menunjukkan sikap mendukung keragaman keagamaan dan menghormati hak setiap individu untuk merayakan kepercayaan agamanya.

Ketika Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, bersama dengan 30 negara anggota UNESCO lainnya mengajukan usulan ini, menjadi bukti bahwa keberagaman keagamaan merupakan aspek penting yang harus diakui dan dihormati dalam lingkup internasional. Keputusan ini juga merupakan langkah positif dalam memperkuat hubungan antarbangsa serta mendorong toleransi dan rasa saling menghormati antarumat beragama.

Dengan ditetapkannya Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari besar keagamaan, UNESCO juga mengirimkan pesan bahwa kebebasan beragama harus dilindungi dan dihormati. Langkah ini juga memperlihatkan kesadaran akan keberagaman kepercayaan agama di dunia dan keinginan untuk memfasilitasi kebebasan beragama tanpa diskriminasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

isaac newton
0 Suka, 0 Komentar, 12 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?