Tampang

Ternyata Letusan Gunung Api Pengaruhi Lapisan Ozon

21 Agu 2017 21:11 wib. 2.004
0 0
Ternyata Letusan Gunung Api Pengaruhi Lapisan Ozon

Letusan gunung berapi dapat menyebabkan reaksi kimia yang akan merusak lapisan ozon yang sudah terkontaminasi di planet ini.

Tingkat kerusakan lapisan ozon yang diakibatkan oleh ledakan besar dan eksplosif bergantung pada kandungan kimia atmosfir yang kompleks, termasuk tingkat emisi buatan manusia di atmosfer. Dengan menggunakan pemodelan kimia yang canggih, para periset dari Universitas Harvard dan University of Maryland mengeksplorasi apa yang akan terjadi pada lapisan ozon sebagai respons terhadap letusan gunung berapi berskala besar selama sisa abad ini dan dalam beberapa skenario emisi gas rumah kaca yang berbeda. Penelitian ini dipublikasikan baru-baru ini di Geophysical Research Letters.

Stratosfer bumi telah tercemari chlorofluorocarbons (CFC) dan bahan kimia perusak ozon lainnya. Meskipun CFC dihapus oleh Protokol Montreal 30 tahun yang lalu, kadar molekul yang mengandung klorin di atmosfer masih meningkat. Letusan gunung berapi eksplosif yang menyuntikkan sulfur dioksida dalam jumlah besar ke dalam stratosfer memudahkan konversi kimia dari klorin menjadi bentuk yang lebih reaktif yang menghancurkan ozon.

Periset sudah lama tahu bahwa ketika konsentrasi klorin dari CFC yang dihasilkan manusia tinggi, penipisan ozon akan terjadi setelah letusan gunung berapi. Peneliti Harvard menemukan bahwa letusan gunung berapi dapat menyebabkan penipisan ozon sampai tahun 2070 atau lebih, meskipun terdapat penurunan konsentrasi CFC buatan manusia.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Pilpres 2024 Berlangsung: