Tampang

Perang Dunia Ketiga di Ambang Pintu! Putin Kuat - Kekuatan Eropa Terancam Menciut

13 Jul 2024 18:48 wib. 146
0 0
Perang Dunia Ketiga di Ambang Pintu! Putin Kuat - Kekuatan Eropa Terancam Menciut
Sumber foto: iStock

Menurut Jenderal Sir Patrick Sanders, yang menghabiskan tiga dekade dalam pemantauan konflik di seluruh dunia sebelum menjadi sejarawan militer, Putin mampu melakukan banyak hal dalam situasi terpojok. Hal ini menandakan tingkat kepemimpinan yang kuat dari pihak Rusia dalam menghadapi situasi sulit ini.

Di sisi lain, Rusia terus memainkan peran dalam panggung global, meskipun mendapat tekanan dari kelompok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Saat ini, Kremlin terus memperkuat aliansinya dengan Iran, India, dan China. Langkah ini ditunjukkan dengan mengirimkan pasukan ke wilayah Belarus, yang merupakan proksi dan satelit dari Rusia, untuk melakukan latihan terorisme bersama setelah Minsk resmi menjadi anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO). Hal ini tentu saja menunjukkan adanya integrasi kekuatan antara Rusia dan sekutunya, yang pada gilirannya semakin memperkuat posisi Rusia di panggung global.

Di momen hampir bersamaan, Perdana Menteri India Narendra Modi, yang merupakan pemimpin negara demokrasi terbesar di dunia, secara mengejutkan menyambut Putin dengan pelukan ketika dia tiba di Rusia untuk kunjungan kenegaraan dua hari. Hal ini kontras dengan kekesalan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, menunjukkan adanya pergeseran dalam tatanan politik global.

Di sisi lain, kekuatan Barat mulai mengalami erosi. Pakar kebijakan di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa, Hugh Lovatt, Editor keamanan dan pertahanan Sky News, Deborah Haynes, serta pengamat dari The Diplomat, Michael Vatikiotis, juga memberikan pandangan bahwa kekuatan Barat tengah mengalami pergeseran. Eropa mulai membahas risiko keamanan lebih serius, dengan negara-negara yang sebelumnya netral seperti Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO setelah perdebatan yang signifikan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Game Terbaru Zenless Zone Zero
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.