Tampang

Perang Dunia Ketiga di Ambang Pintu! Putin Kuat - Kekuatan Eropa Terancam Menciut

13 Jul 2024 18:48 wib. 147
0 0
Perang Dunia Ketiga di Ambang Pintu! Putin Kuat - Kekuatan Eropa Terancam Menciut
Sumber foto: iStock

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina, yang beberapa analis gambarkan sebagai pintu menuju Perang Dunia Ketiga (PD 3), semakin menegang. Aliansi militer NATO bergabung memberikan bantuan kepada Ukraina, memperumit situasi yang sudah rapuh. Propaganda nuklir pun telah diumumkan oleh Moskow, mengejutkan dunia internasional. Mereka mengancam akan meluncurkan senjata nuklir dalam menghadapi intervensi langsung dari negara-negara Barat di Ukraina yang dianggap meresahkan wilayah Rusia.

Sejarawan militer Jenderal Sir Patrick Sanders mengungkapkan bahwa kengerian perang ini sudah terlihat di depan mata. Beberapa analisis bahkan menyebut potensi kekalahan Rusia di jangka panjang, memunculkan persepsi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin akan menggunakan senjata nuklir jika memang diperlukan. Dalam konteks ini, para negara Barat hanya memiliki waktu hingga akhir dekade ini untuk mempersenjatai diri secara memadai demi menangkal serangan Rusia di wilayah NATO, yang pada gilirannya akan memicu reaksi dari Rusia terhadap negara-negara NATO.

Tidak hanya itu, sejak awal perang, propaganda dari Moskow telah mempersiapkan rakyat Rusia untuk menerima penggunaan senjata nuklir, mengancam negara-negara NATO yang berbatasan dengan Rusia dan Ukraina seperti Lithuania dan Polandia. Tentu saja, ancaman ini menggusarkan stabilitas wilayah dan membangkitkan ketegangan di seluruh Eropa.

Bulan lalu, seorang analis militer mengungkapkan dalam sebuah wawancara di stasiun televisi Russia-1, bahwa hanya dalam waktu 10 atau 15 menit, 30 hingga 40 nuklir Rusia dapat menghapus Polandia beserta penduduknya dalam sekejap. Hal ini menunjukkan tingkat keganasan yang dapat terjadi dalam konflik yang semakin memanas ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.