Tampang

Penampakan Lautan Massa Sambut Jenazah Presiden Iran di Teheran, Diiringi Tangis Pelayat

24 Mei 2024 14:00 wib. 75
0 0
Penampakan Lautan Massa Sambut Jenazah Presiden Iran di Teheran, Diiringi Tangis Pelayat
Sumber foto: Bisnis.com

Pada hari Rabu, 22 Mei 2024, kota Teheran menjadi saksi dari pemandangan yang mengharukan, ketika puluhan ribu warga Iran berkumpul di jalan-jalan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Presiden Ebrahim Raisi dan rombongannya yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Minggu, 19 Mei 2024. Mereka memenuhi pusat kota, membawa foto-foto presiden dan bertemu di sekitar Universitas Teheran, tempat Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dijadwalkan memimpin doa untuk almarhum.

Di tengah-tengah kerumunan terlihatlah spanduk-spanduk bertuliskan pujian dan ucapan perpisahan untuk almarhum presiden. Segelintir yang memegang foto Raisi berkerumun di dalam dan di sekitar Universitas Teheran, tempat dimana doa akan diberikan. Sementara itu, spanduk besar berkibar yang memuja Raisi sebagai "martir pelayanan" tampak menjulang di berbagai sudut kota.

Rencananya, prosesi pemakaman yang dihadiri oleh pejabat asing ini akan berangkat dari universitas menuju Lapangan Enghelab yang luas di pusat kota, demikian melansir media pemerintah. Dari sana, jenazah akan dipindahkan ke provinsi Khorasan Selatan sebelum akhirnya dibawa ke kota asal Raisi, Mashhad, di timur laut, untuk dimakamkan setelah upacara pemakaman di Masjid Imam Reza pada Kamis malam.

Upacara pemakaman sendiri telah dimulai pada hari Selasa, 21 Mei 2024, dengan puluhan ribu pelayat membanjiri kota Tabriz, serta pusat ulama Syiah di Qom. 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%