Tampang

Lokasi Singapore Airlines Turbulensi Hebat, Pilot Ungkap Ngerinya Terbang di Teluk Bengala

23 Mei 2024 15:02 wib. 264
0 0
Singapore Airlines

Singapore Airlines mengalami kejadian turbulensi yang sangat mengagetkan pada Selasa 21 Mei 2024. Pesawat tersebut, yang sedang berada di ketinggian 37.000 kaki di atas Cekungan Irrawaddy di Myanmar, tiba-tiba mengalami turbulensi ekstrem yang membuat pesawat turun dengan cepat hingga mencapai ketinggian 31.000 kaki. Akibatnya, pilot harus mengumumkan pendaratan darurat medis dan mengalihkan rute penerbangan menuju Bangkok.

Kapten Shem Malmquist, seorang pilot serta instruktur di Florida Institute of Technology College of Aeronautics, menyampaikan penjelasan terkait peristiwa turbulensi yang dialami oleh Singapore Airlines. Menurutnya, ia memiliki pengalaman dalam menerbangkan pesawat di wilayah Teluk Benggala, yang merupakan lokasi dekat Cekungan Irrwaddy tempat kejadian turbulensi tersebut terjadi.

Malmquist menyatakan, "Saya memiliki pengalaman luas menerbangkan Boeing 777 di Teluk Benggala, tepatnya di wilayah tempat terjadinya hal ini." Dari pengalamannya, ia menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya turbulensi seperti yang dialami oleh Singapore Airlines.

Menurutnya, salah satu faktor yang dapat menyebabkan turbulensi adalah aliran jet yang mengalir deras, meskipun secara umum aliran ini lebih cenderung dekat dengan wilayah kutub. Selain itu, Malmquist menduga bahwa situasi ini mungkin disebabkan oleh penerbangan yang melintasi daerah badai petir.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

OTT KPK Ciduk 5 Pejabat di Banjarmasin
0 Suka, 0 Komentar, 17 Sep 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%