Tampang

Kekeringan di Afrika Selatan: Ancaman Kelaparan Jutaan Warga & Pembantaian Hewan Liar

24 Sep 2024 11:12 wib. 24
0 0
Kekeringan di Afrika Selatan: Ancaman Kelaparan Jutaan Warga & Pembantaian Hewan Liar
Sumber foto: Unsplash.com

Musim kemarau yang berkepanjangan di Afrika Selatan sepanjang tahun 2024 telah mengakibatkan kerusakan pada tanaman pangan dan mengancam ketersediaan pangan bagi jutaan penduduk. Kondisi kekeringan ini sebagian besar disebabkan oleh fenomena El Niño yang sedang berlangsung, mengubah pola curah hujan selama musim tanam. Menurut Climate Hazards Center (CHC) di University of California, Santa Barbara, sebagian besar wilayah Afrika Selatan menerima setengah atau kurang dari curah hujan biasanya dari akhir Januari hingga pertengahan Maret.

Dampak kekeringan yang disebabkan oleh El Nino telah menghancurkan tanaman pangan di sebagian negara Afrika bagian selatan, memengaruhi 68 juta orang dan menimbulkan kekurangan pangan di wilayah tersebut. Zimbabwe dan Namibia telah mengumumkan rencana untuk membantai ratusan gajah liar dan hewan lainnya guna memberi makan penduduk yang terdampak kelaparan akibat kondisi kekeringan parah.

Zimbabwe telah mengizinkan pembunuhan 200 gajah, sedangkan di Namibia, lebih dari 700 hewan liar termasuk 83 gajah, telah dimusnahkan sebagai bagian dari program yang diumumkan tiga minggu lalu. Menurut Reuters, Tinashe Farawo, juru bicara Otoritas Pengelolaan Taman Nasional dan Satwa Liar Zimbabwe, mengatakan bahwa izin berburu gajah akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta sebagian dari gajah-gajah tersebut akan dibunuh oleh lembaga tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.