Tampang

Hasil Penelitian: Kondisi Kromosom Bergantung Usia Sel Telur

27 Jun 2018 20:53 wib. 1.650
0 0
Hasil Penelitian: Kondisi Kromosom Bergantung Usia Sel Telur

Perkembangan teknologi bidang kedokteran bukan hanya untuk mendeteksi kondisi janin ketika sang ibu menjalani kehamilan dalam kategori berisiko. Teknologi pun berupaya menjangkau cara-cara untuk mengantisipasi supaya ketika hamil di usia tua pun janin bisa tumbuh dengan kromosom normal sehingga mencegah kondisi bayi dengan down syndrome.

Sel telur perempuan memang usianya sama dengan usia pemiliknya. Saat perempuan lahir, ada lima juta sel telur di dalam indung telurnya. Saat akil balig, jumlah itu tinggal sekitar 500.000. Setiap bulan, sel telur itu pecah dengan sumber yang itu-itu juga. Jadi, saat seorang ibu berusia 40 tahun, ya berarti sel telurnya berusia 40 tahun, bukan yang dibentuk baru seperti sperma.

Karena kondisi kromosom normal salah satunya bergantung pada usia sel telur ibu, maka disarankan untuk lebih memperhatikan sel telur itu. Jadi, ketika perempuan belum akan hamil di usia 30 tahun, misalnya, sebaiknya sel telurnya disimpan lebih dulu.

Hal itu bisa dilakukan seperti layaknya penyimpanan sperma. Ketika usia 30 tahun belum menikah karena pilihan atau sudah menikah tetapi belum berencana memiliki anak karena pilihan, sebaiknya sel telurnya diambil untuk disimpan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Pilpres 2024 Berlangsung: