Tampang

Gempa Jepang M7,2 Sebabkan Kaca Bandara di Miyazaki Pecah

9 Agu 2024 09:10 wib. 104
0 0
Warga Jepang saat gempa M7,1 terjadi
Sumber foto: website

Pada hari Kamis (8/8/2024), Jepang dilanda gempa bumi dengan kekuatan M7,1 di pantai selatan, memicu peringatan tsunami. Berdasarkan laporan televisi publik NHK Jepang, bandara Miyazaki dilaporkan mengalami kerusakan pada kaca jendela akibat gempa yang terjadi di dekatnya. Meskipun tidak ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan serius, warga diminta untuk menjauh dari garis pantai.

Badan Meteorologi Jepang mencatat bahwa pusat gempa berada di perairan lepas pantai timur pulau utama selatan Jepang, Kyushu, dengan kedalaman sekitar 30 kilometer (18,6 mil). Daerah yang paling terdampak adalah kota Nichinan dan sekitarnya di prefektur Miyazaki di pulau Kyushu.

Kondisi terkini di area terdampak menunjukkan adanya gelombang tsunami setinggi 50 sentimeter (1,6 kaki) di sepanjang pantai selatan Kyushu dan pulau Shikoku, tampaknya terjadi sekitar setengah jam setelah gempa terjadi.

Seismolog dan para ahli gempa bumi sedang melakukan pertemuan darurat untuk menganalisis potensi dampak gempa pada Palung Nankai, yang dikenal sebagai salah satu sumber gempa bumi dahsyat di masa lalu. Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshimasa Hayashi, menyatakan bahwa pihak berwenang tengah mengevaluasi kemungkinan cedera atau kerusakan serius, sementara mengimbau warga di wilayah terdampak untuk menjauh dari garis pantai.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?