Tampang

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

24 Mar 2024 17:05 wib. 118
0 0
Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan ini memiliki keistimewaan yang sangat besar dan banyak dirayakan oleh umat Muslim. Di dalam bulan Ramadhan, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh sebagai wujud penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Selain ibadah puasa, masih terdapat keistimewaan lain di bulan Ramadhan yang patut untuk diketahui.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan di dalam Islam
Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang sehat dan telah baligh. Keutamaan bulan ini sangat banyak, diantaranya adalah bulan ini merupakan bulan dimana Al-Qur'an diturunkan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185, yang artinya: "Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, menjadi petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan salah)".

Selain itu, di bulan Ramadhan, setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh umat Islam akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, "Setiap amal anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan mendapat pahala sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman, kecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberikan ganjarannya. Seseorang meninggalkan makanan, minuman dan syahwatnya karena Aku." (HR. Bukhari dan Muslim).

Keistimewaan Bulan Ramadhan dalam Kehidupan Sehari-hari
Bulan Ramadhan juga memiliki keistimewaan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Di bulan ini, umat Islam membiasakan diri untuk meningkatkan ibadah, sabar, dan keikhlasan. Selain itu, bulan Ramadhan juga mengajarkan umat Islam untuk meningkatkan rasa empati terhadap sesama, terutama kepada yang less fortunate.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?