Tampang

Capres Kamala Harris Lantang Sebut Iran Musuh Terbesar AS

9 Okt 2024 22:17 wib. 57
0 0
Capres Kamala Harris Lantang Sebut Iran Musuh Terbesar AS
Sumber foto: zdf.de

Konflik yang tengah menjadi perhatian utama AS adalah keberadaan Iran di Timur Tengah dan aliansinya dengan Israel. Ketika ditanya mengenai kemungkinan penggunaan kekuatan militer untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir, Harris menghindari menjawab dengan menyatakan akan menahan diri dari hal-hal yang bersifat hipotetis.

Iran sendiri membantah bahwa mereka tengah mengembangkan senjata nuklir, namun negara tersebut telah melanjutkan program nuklirnya. Mantan Presiden Donald Trump sebelumnya telah membatalkan kesepakatan multilateral yang membuat Iran mengurangi program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi terhadap negara tersebut.

Setelah Biden menjabat sebagai Presiden AS, ia telah berjanji untuk menghidupkan kembali kesepakatan tersebut namun sejumlah perundingan tidak langsung dengan pejabat Iran gagal untuk menghidupkan kembali perjanjian tersebut. Seiring dengan itu, Biden terus memberlakukan sanksi era Trump terhadap Iran, bahkan menambahkan puluhan sanksi tambahan terhadap perusahaan dan pejabat Iran.

Tersebutkan bahwa saat Haniyeh terbunuh di Teheran pada akhir Juli dalam serangan yang diakui dilakukan oleh Israel, Biden menolak untuk menyatakan bahwa Iran memiliki hak untuk membela diri. Bahkan pada saat Iran merespons serangan Israel pekan lalu, para pejabat AS mengutuknya dan berjanji akan memberikan "sanksi yang berat."

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.