Tampang

Ancaman Perang di Laut China Selatan: Apa yang Membuat RI Terseret?

25 Jun 2024 12:22 wib. 54
0 0
Ancaman Perang di Laut China Selatan: Apa yang Membuat RI Terseret?
Sumber foto: iStock

Vietnam, salah satu negara yang juga turut terlibat dalam sengketa Laut Cina Selatan, telah memperkuat hubungannya dengan Amerika Serikat, menjadikan mereka mitra strategis yang komprehensif. Peningkatan hubungan ini dilakukan pada kunjungan Presiden Joe Biden ke Hanoi pada bulan September tahun lalu. Kritenbrink menegaskan pentingnya kemitraan AS-Vietnam dan memastikan bahwa semua perjanjian yang dicapai dilaksanakan dengan baik.

Bagaimana posisi Indonesia dalam menghadapi ketegangan di Laut Cina Selatan? Indonesia memiliki kepentingan strategis di kawasan tersebut dan telah mengambil langkah-langkah diplomasi untuk menyelesaikan sengketa tersebut secara damai. Sebagai negara maritim, Indonesia juga memiliki kepentingan kuat dalam menjaga kestabilan dan keamanan di Laut Cina Selatan, yang menjadi jalur strategis bagi perdagangan internasional.

Kementerian Luar Negeri Indonesia telah secara konsisten mendorong dialog dan kerja sama antar negara yang terlibat, dengan menganut prinsip-prinsip hukum internasional, termasuk konvensi PBB tentang Hukum Laut. Indonesia juga memiliki peran penting dalam ASEAN, yang telah mendukung proses negosiasi antara Tiongkok dan negara-negara lainnya untuk menyelesaikan sengketa wilayah secara damai.

Dalam menghadapi ketegangan di Laut Cina Selatan, Indonesia perlu terus memperkuat kerja sama regional dan internasional, serta aktif memainkan peran diplomatik untuk menjaga perdamaian dan kestabilan di kawasan tersebut. Indonesia juga dapat memanfaatkan posisinya sebagai anggota Dewan Keamanan PBB untuk memperjuangkan penyelesaian sengketa tersebut secara damai dan berkeadilan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Usir Tikus Tanpa Racun
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jul 2017
Bajigur
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jun 2024
Survey ke Polisi tentang Keluarga
0 Suka, 0 Komentar, 21 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%