Tampang

14 Jemaah Haji Yordania Meninggal Akibat Panas Ekstrem, 17 Hilang

18 Jun 2024 09:36 wib. 59
0 0
14 Jemaah Haji Yordania Meninggal Akibat Panas Ekstrem, 17 Hilang
Sumber foto: google

Pada waktu tersebut, suhu tercatat mencapai 47 derajat Celsius di Mekkah dan diperkirakan akan berlanjut hingga Senin (17/6). Sampai saat ini, belum ada laporan resmi dari pihak berwenang Saudi mengenai korban jiwa akibat kondisi panas ekstrem tersebut.

Pemerintah Saudi terus menerapkan langkah-langkah mitigasi seperti membagikan air dan mengimbau jemaah untuk menghindari berada di luar ruangan selama jam-jam terpanas, yakni antara pukul 11.00 dan 15.00 waktu setempat. Hal ini terkait dengan pelaksanaan haji yang kebanyakan dilakukan di luar ruangan dan dengan berjalan kaki, menjadi tantangan tersendiri bagi para jemaah terutama di kalangan lansia.

Selama 30 tahun terakhir, ratusan kematian terjadi selama musim haji karena berbagai faktor seperti desak-desakan, kebakaran tenda, panas, dan faktor-faktor lainnya. Tahun lalu, setidaknya 240 orang meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji, dengan mayoritas korban berasal dari Indonesia.

Lebih dari 1,8 juta orang telah menunaikan ibadah haji tahun ini, yang diperkirakan akan berakhir pada Rabu (19/6). Data ini menunjukkan bahwa jumlah jemaah haji yang bertambah setiap tahun juga meningkatkan risiko insiden atau kecelakaan saat pelaksanaan haji.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%