Tampang

Resep Membuat Kerak Telor, Makanan Khas Betawi yang Melegenda

14 Jul 2018 11:04 wib. 3.188
0 0
Resep Membuat Kerak Telor, Makanan Khas Betawi yang Melegenda

Kalau ke Jakarta tidak mencoba kerak telor, rasanya seperti makan kerupuk yang sudah melempem. Tidak ada "kriuk-kriuk"-nya. Nikmatnya seperti makan ketan bakar Lembang-Bandung. Saat digigit, ada sensasi renyah ketan gosong dan bawang goreng. Teksturnya kering di bagian luar, tetapi bagian dalam ketannya tetap sedikit basah dan lengket.

Aroma ebi kering yang ditumbuk halus membuat mulut berliur. Ditambah dengan serundeng kelapa berbumbu sebagai topping, membuat kita tak henti-hentinya menyuap potongan demi potongan kerak telor ke dalam mulut.

Rahasianya terletak pada penggunaan telor bebek sebagai pengikat lapisan ketan dengan berbagai bumbu lain. Yang tidak suka aroma telur bebek yang sedikit amis bisa diganti dengan telur ayam pada saat pemesanan.

Kerak telor adalah makanan khas Betawi yang pernah dijadikan makanan appetizer tuan-tuan tanah saat masa penjajah Belanda. Akan tetapi, asal usulnya kurang jelas. Sebagian mengatakan kerak telor tercipta secara tidak sengaja oleh orang Betawi. Karena banyak sisa nasi yang tidak habis saat ke undangan, mereka mencampurkan parutan kelapa yang dioseng kemudian dibakar di atas kayu arang maka jadi kerak telor seperti saat ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Seberapa Amankah Pesanmu?
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?