Tampang

Serangan Bom Terhadap Rombongan Diplomat RI di Pakistan: Kronologi dan Dampaknya

24 Sep 2024 11:32 wib. 55
0 0
Serangan Bom Terhadap Rombongan Diplomat RI di Pakistan: Kronologi dan Dampaknya
Sumber foto: iStock

Rombongan diplomat Indonesia di Islamabad, Pakistan, mengalami serangan bom yang menewaskan satu orang polisi dan melukai tiga orang lainnya pada Minggu, 22 September 2024. Serangan itu terjadi di jalan menuju Malam Jabba, sekitar 300 kilometer dari Islamabad, dan diduga menggunakan improvised explosive device (IED). Pihak Kementerian Luar Negeri RI telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah melakukan koordinasi erat dengan KBRI Islamabad.

Berdasarkan informasi dari Kemlu, serangan tersebut terjadi saat iringan korps diplomatik akan mengikuti kegiatan Islamabad Chamber of Commerce and Industry (ICCI) pada tanggal 22 September 2023 di Swat Valley, Propinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Menurut Kementerian Luar Negeri, dalam iringan korps diplomatik tersebut turut serta Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Islamabad. Meskipun terjadi serangan, KUAI KBRI Islamabad dan seluruh rombongan korps diplomatik dalam keadaan aman dan telah kembali ke Islamabad dengan selamat.

Hingga saat ini, pihak yang bertanggungjawab atas serangan tersebut masih belum diketahui. Meskipun demikian, Indonesia melalui KBRI Islamabad berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah Pakistan guna memastikan keamanan dan keselamatan seluruh WNI di Pakistan.

Adapun jumlah WNI yang tinggal menetap di Pakistan mencapai sekitar 1.200 orang, dengan mayoritas di antaranya adalah pelajar dan WNI yang menikah dengan warga negara Pakistan. Dalam kondisi yang masih belum stabil, langkah-langkah untuk memastikan keamanan WNI di Pakistan menjadi hal yang sangat penting.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.