Tampang

Sirsak: Buah Kaya Antioksidan yang Berpotensi Melawan Kanker

6 Jul 2024 06:01 wib. 165
0 0
Sirsak
Sumber foto: jawapos.com

Sirsak, juga dikenal sebagai durian belanda, adalah buah tropis yang memiliki rasa manis dan asam. Buah ini cukup populer di Indonesia, terutama sebagai bahan baku untuk minuman segar atau es sirup. Namun, selain rasanya yang lezat, sirsak juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang keunggulan sirsak sebagai buah kaya antioksidan yang berpotensi melawan kanker.

Manfaat Sirsak

Sirsak telah dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama dalam bentuk senyawa fitokimia seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, linoleic acid, muricapentocin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu perkembangan kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Ethnopharmacology" menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak memiliki efek anti-kanker terhadap beberapa jenis sel kanker, termasuk sel kolon, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas. Kandungan aktif dalam sirsak diketahui memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?