Tampang

Saatnya Mewaspadai Makanan yang Ternyata Merusak Paru-paru Anda

21 Jun 2024 17:44 wib. 224
0 0
Saatnya Mewaspadai Makanan yang Ternyata Merusak Paru-paru Anda
Sumber foto: Unsplash

Pandemi COVID-19 telah memunculkan perhatian yang lebih besar terhadap kesehatan pernapasan. Dalam upaya menjaga paru-paru tetap sehat saat ini, penting bagi kita untuk memperhatikan pola makan kita. Makanan yang dikonsumsi juga dapat berdampak pada kondisi paru-paru. Berikut, tim CNBC Indonesia telah merangkum dari berbagai sumber, sejumlah makanan yang ternyata dapat merusak paru-paru.

1. Brokoli

Brokoli, sayuran yang sering dianggap sehat, sebenarnya memiliki potensi untuk merusak kesehatan paru-paru. Meskipun mengandung antioksidan dan bahan antikarsinogenik, brokoli juga memiliki kecenderungan untuk menyebabkan kembung. Menurut Amanda Webster, seorang pelatih pikiran-tubuh bersertifikat, "Kita secara otomatis berpikir bahwa sayuran itu 'sehat', sehingga mudah untuk melupakan bahwa ada kasus khusus di mana makanan sehat tertentu harus dibatasi." Jika disarankan, cobalah membatasi konsumsi brokoli, kembang kol, atau kubis, serta menggantinya dengan makanan padat nutrisi lainnya.

Brokoli memang memiliki banyak manfaat kesehatan, namun penting untuk memperhatikan efek sampingnya terutama terkait dengan kesehatan paru-paru. Mungkin ada cara-cara tertentu dalam pengolahan atau konsumsi brokoli yang dapat meminimalisir efek negatifnya terhadap paru-paru.

2. Roti

Karbohidrat sederhana dalam roti, seperti tepung dan gula halus, ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan paru-paru. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dapat menyebabkan peradangan dan membuat paru-paru bekerja lebih keras dalam proses metabolisme. Diet rendah karbohidrat, yang membuat tubuh memproduksi lebih sedikit karbon dioksida, dianggap sebagai kabar baik bagi siapa saja yang memiliki kondisi paru-paru yang sensitif.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Penduduk Miskin RI Mencapai 26,58 Juta
0 Suka, 0 Komentar, 5 Jun 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.