Tampang

Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat dari Jari Tangan

25 Mei 2024 14:19 wib. 401
0 0
Gejala Penyakit Jantung yang Terlihat dari Jari Tangan

Penyakit seringkali dapat dideteksi melalui gejala yang muncul pada tubuh. Misalnya, infeksi paru-paru dapat terdeteksi dari batuk dan sesak napas, sementara masalah pencernaan dapat dirasakan melalui sakit perut. Namun, tubuh manusia memiliki sistem yang sangat kompleks, sehingga gejala penyakit kadang muncul di bagian tubuh yang tidak terduga, sering kali diabaikan.

Dr. Johannes Uys dari Broadgate GP di Inggris menyatakan bahwa salah satu gejala serius penyakit jantung adalah pembengkakan jari tangan. Pembengkakan tersebut disertai dengan finger clubbing, yang membuat kuku terasa lunak seperti spons dan hangat saat dipegang. Ujung kuku juga terlihat seperti sendok terbalik. Hal ini perlu diwaspadai sebagai tanda serius dan potensial dari masalah kesehatan yang fatal. Pembengkakan jari tangan dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit paru-paru, liver, pencernaan, atau infeksi tertentu. Meskipun penyebab pasti dari pembengkakan jari tangan belum diketahui secara pasti, namun banyak yang percaya bahwa hal ini terkait dengan berkurangnya kadar oksigen dalam darah, yang mengakibatkan perubahan pada pembuluh darah di tangan dan ujung jari.

Penderita juga dapat mengalami gejala lain seperti napas tersengal, nyeri dada, batuk kronis, kelelahan, dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Gejala ini dapat bervariasi tergantung pada masalah kesehatan yang mendasari pembengkakan jari tangan. Menurut informasi dari Cleveland Clinic, pembengkakan jari tangan sering kali terkait dengan penyakit jantung dan paru-paru, termasuk kanker paru, infeksi paru, penyakit paru, cystic fibrosis, dan penyakit kardiovaskular.

Perilaku sehari-hari kita juga memiliki dampak besar pada kesehatan jantung. Pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, merokok, dan stres dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memperhatikan pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan jantung.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Keuntungan Teknologi Waste-to-Energy
0 Suka, 0 Komentar, 29 Agu 2017
Dampak Buruk Game Online
0 Suka, 0 Komentar, 17 Mar 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%