Tampang

Pengesahan RUU Paten Akan Menyulitkan Akses ke Obat HIV/AIDS

4 Okt 2024 17:25 wib. 38
0 0
Pengesahan RUU Paten Akan Menyulitkan Akses ke Obat HIV/AIDS
Sumber foto: Google

Dampak dari pengesahan RUU Paten ini juga akan dirasakan secara langsung dalam layanan kesehatan di Indonesia. Pasal-pasal yang cenderung melindungi pemegang paten dapat menghambat produksi obat generik yang biasanya lebih terjangkau. Sebagian besar pasien, terutama yang bergantung pada program-program bantuan obat, akan kesulitan mendapatkan pasokan obat yang diperlukan jika harga obat mahal yang dihasilkan dari paten tidak dapat dikompensasi dengan obat generik yang lebih terjangkau.

Selain itu, dampaknya juga akan terasa dalam program-program pemerintah yang menyangkut penanganan HIV/AIDS. Upaya-upaya untuk memberikan obat secara massal kepada masyarakat atau peningkatan akses terhadap obat-obatan melalui program-program kesehatan, dapat terhambat oleh ketersediaan dan harga obat-obatan yang bersangkutan.

Peran pemerintah dalam menyeimbangkan kepentingan industri farmasi dengan akses masyarakat terhadap obat-obatan sangat penting. Perlindungan hak paten tidak boleh menjadi hambatan utama dalam upaya pemerintah untuk memastikan akses terhadap layanan kesehatan, terutama bagi mereka yang membutuhkan obat-obatan mahal seperti obat HIV/AIDS.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Sutiyoso: Anies-Sandi Rendah Hati!
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.