Tampang

Peneliti Sebut Bukan Karbohidrat yang Bikin Tubuh Gemuk, Tapi....

16 Mei 2024 05:26 wib. 132
0 0
Peneliti Sebut Bukan Karbohidrat yang Bikin Tubuh Gemuk, Tapi....

Karbohidrat memang diperlukan tubuh untuk tetap berenergi. Namun, seringkali karbohidrat dianggap sebagai penyebab kegemukan. Banyak orang memangkas asupan karbohidrat, terutama nasi, dalam upaya menjalani diet ketat. Namun, benarkah karbohidrat menjadi pemicu kenaikan berat badan?

Faktanya, penyebab kegemukan tidak hanya terkait dengan karbohidrat semata. Terdapat banyak faktor lain yang turut berperan dalam penambahan berat badan seseorang. Sebagaimana dilansir oleh Health, karbohidrat merupakan sumber energi yang vital bagi tubuh manusia. Selain protein dan lemak, karbohidrat turut menjadi salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan tubuh.

Karbohidrat bekerja sebagai bahan bakar untuk otot. Selain itu, juga memegang peran penting dalam fungsi otak yang berkaitan dengan suasana hati hingga memori. Proses tersebut dimulai dari karbohidrat yang dipecah di dalam usus menjadi glukosa, lalu dilepaskan ke aliran darah. Pankreas kemudian merespons dengan melepaskan insulin untuk memindahkan glukosa ke dalam sel. Karbohidrat juga biasanya mengandung nutrisi lain seperti mineral, vitamin, dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi menemukan bahwa kuncinya sebenarnya terletak pada keseimbangan asupan karbohidrat, protein, dan lemak. Kelebihan konsumsi karbohidrat atau jenis makanan lainnya dapat memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola makan yang seimbang dan memperoleh karbohidrat dari sumber makanan yang sehat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

LDR akan langgeng, Yakin?
0 Suka, 0 Komentar, 9 Nov 2017
Hand phone Oh Hand Phone...
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%