Tampang

Mengapa Pisang Berubah Warna Menjadi Cokelat Jika Disimpan Terlalu Lama: Berpengaruh terhadap Kesehatan Tubuh Jika Dimakan

4 Jul 2024 07:50 wib. 140
0 0
Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh
Sumber foto: Google

Berpengaruh terhadap Kesehatan Tubuh Jika Dimakan

Pisang yang berubah warna menjadi cokelat karena disimpan terlalu lama sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi. Perubahan warna menjadi cokelat lebih berkaitan dengan perubahan estetika dari buah itu sendiri dan umumnya tidak berdampak pada kualitas rasa atau nutrisinya. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pisang yang berubah warna menjadi cokelat.

Setelah pisang berubah warna menjadi cokelat, kandungan nutrisi di dalamnya tidak langsung hilang atau berkurang. Namun, pisang yang terlalu matang cenderung memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada pisang yang belum matang. Hal ini berpotensi menimbulkan perubahan indeks glikemik, yang dapat berdampak pada kadar gula darah seseorang setelah mengonsumsinya.

Selain itu, jika pisang berubah warna menjadi cokelat karena terlalu lama disimpan, ada kemungkinan terdapat pertumbuhan jamur atau peningkatan kadar aflatoksin, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Aflatoksin sendiri merupakan senyawa yang bersifat karsinogenik, yang berarti dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dan secara terus-menerus.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.