Tampang

Mengapa Pisang Berubah Warna Menjadi Cokelat Jika Disimpan Terlalu Lama: Berpengaruh terhadap Kesehatan Tubuh Jika Dimakan

4 Jul 2024 07:50 wib. 138
0 0
Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh
Sumber foto: Google

Pisang adalah buah yang populer di seluruh dunia karena rasanya yang manis dan kaya akan nutrisi. Namun, seringkali kita menemukan pisang yang telah berubah warna menjadi cokelat jika disimpan terlalu lama. Fenomena ini seringkali menimbulkan pertanyaan, mengapa pisang berubah warna menjadi cokelat dan apakah hal ini berpengaruh terhadap kesehatan tubuh jika dimakan?

Alasan Pisang Berubah Warna Menjadi Cokelat

Pisang mengalami perubahan warna menjadi cokelat karena adanya enzim yang disebut polifenol oksidase. Enzim ini bertanggung jawab atas oksidasi senyawa fenolik yang terdapat dalam daging pisang. Oksidasi ini mengakibatkan perubahan warna dari kuning menjadi cokelat. Proses ini umumnya terjadi ketika pisang mulai matang dan lebih cepat ketika pisang disimpan dalam suhu yang lebih tinggi.

Selain itu, pisang juga mengandung senyawa lain yang disebut tanin. Tanin ini akan bereaksi dengan enzim polifenol oksidase yang akhirnya menyebabkan perubahan warna menjadi cokelat pada pisang. Jika pisang disimpan terlalu lama, tanin akan semakin bereaksi dengan enzim tersebut dan membuat perubahan warna menjadi semakin terlihat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ahok Legowo Mencabut Banding? Retorika!
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.