Tampang

Memahami Perbedaan HIV dan AIDS

17 Jul 2024 11:03 wib. 297
0 0
HIV-AIDS
Sumber foto: ayosehat.kemkes.go.id

HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah dua istilah yang seringkali disamakan dalam pemahaman masyarakat umum. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami. Ini penting karena pemahaman yang benar akan membantu dalam pencegahan dan penanganan kondisi ini. 

Pertama-tama, mari kita bahas HIV. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini menyerang sel-sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi, sehingga secara bertahap melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI ibu yang terinfeksi.

Sementara itu, AIDS merupakan tahap lanjut dari infeksi HIV. Ketika seseorang terinfeksi HIV, virus tersebut akan merusak sistem kekebalan tubuh secara bertahap. Apabila sistem kekebalan tubuh sudah terlalu lemah dan tidak lagi mampu melawan infeksi, maka diagnosis AIDS akan ditegakkan. Pasien dengan AIDS rentan terhadap berbagai infeksi serius dan bahkan kanker, yang pada akhirnya dapat menjadi fatal.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?