Tampang

Inilah Alasannya Mengapa Diet Ketat Dikatakan Tidak Sehat

18 Jan 2018 13:38 wib. 1.247
0 0
Inilah Alasannya Mengapa Diet Ketat Dikatakan Tidak Sehat

Lantas mengapa diet ketat dikatakan tidak sehat? Jika tidak mengonsumsi karbohidrat atau karbohidratnya sangat sedikit maka bisa menyebabkan efek ketosis. Dengan terjadinya ketosis membuat seseorang tidak nafsu makan karena merasa tidak enak dan mual. Ketosis adalah tubuh mendapat energi dari membakar lemak tubuh, bukan dari makanan.

Dengan lemak dipecah, maka menjadi tidak komplit dan di dalam darah terdapat benda-benda keton. Sementara di urin ketonnya positif. Jika dicek urin-nya akan ketahuan seseorang melakukan diet ketat atau makan karbohidrat sedikit.

Keton adalah molekul yang dibuat selama proses metabolisme dari lemak. Saat tubuh membakar lemak menjadi energi, mengubahnya menjadi ATP (Adenosine-5-triphospate). ATP ini membawa energi ke sel sebagai bahan bakar untuk metabolisme. Tetapi bukan hanya ATP saja yang dihasilkan, sisanya juga dihasilkan yaitu keton.

Ketika seseorang berdiet ketat, mereka makan karbohidrat sedikit, maka tubuh membakar cadangan lemak di tubuh menjadi energi. Padahal, seharusnya dari karbohidrat inilah sumber energi. Semakin banyak lemak yang dibakar, maka semakin banyak puka keton acefoacefate dan B-hydroxybutyrate yang dihasilkan. Kondisi diet ketat ini, jika dilakukan oleh penderita diabetes bisa terjadi ketoasidosis, jika menderita penyakit asam urat bisa menyebabkan asam uratnya naik, serta jika memiliki penyakit kolesterol maka kolesterolnya bisa naik.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?