Tampang

Cegah Kanker Darah, Dokter Imbau Masyarakat untuk Hindari Paparan Zat Asing

24 Apr 2024 04:36 wib. 46
0 0
Kanker darah
Sumber foto: lustrasi. Kanker darah (dok.)

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Budi Setiawan dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi Semarang telah mengimbau masyarakat untuk menghindari paparan zat asing. Menurutnya, hal ini bertujuan untuk mencegah risiko terjadinya penyakit kanker darah.

Dalam sebuah diskusi tentang kanker darah yang diikuti secara daring, dr. Budi mengungkapkan bahwa beberapa zat asing yang dapat menjadi pemicu penyakit ini di antaranya adalah benzena, asap rokok, dan paparan radiasi seperti radiasi nuklir.

"Paparan zat asing secara berulang kali dapat mengubah sel darah menjadi sel ganas," kata dr. Budi Setiawan seperti yang dilansir dari Antara. Ia juga menekankan bahwa paparan zat asing tidak hanya berasal dari udara atau lingkungan sekitar, tetapi juga melalui makanan yang dikonsumsi. Makanan instan, makanan dengan bahan pengawet, serta makanan yang dikemas dengan sterofoam dapat mengandung zat karsinogen yang menjadi pemicu kanker.

"Zat karsinogen dari makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat menumpuk selama jangka waktu yang lama dan menjadi faktor risiko terjadinya kanker," jelas dr. Budi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Petiklah Hari Ini!
0 Suka, 0 Komentar, 23 Feb 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?