Tampang

Bahaya Menahan Kencing: Jangan Abaikan Tanda-tandanya

14 Apr 2024 19:52 wib. 76
0 0
Menahan Kencing
Sumber foto: pinterest.com

Seringkali kita merasa malas atau terlalu sibuk untuk pergi ke toilet sehingga kita sering menahan kencing. Namun, tahukah Anda bahwa menahan kencing secara terus-menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan? Bahkan, bahaya menahan kencing bisa terjadi tanpa disadari. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat timbul jika kita selalu menahan kencing:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Menahan kencing terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Ketika kencing ditahan, bakteri yang biasanya dikeluarkan dari tubuh dapat berkembang biak di dalam kandung kemih. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan gejala tidak menyenangkan seperti nyeri saat buang air kecil, sensasi terbakar, bahkan demam.

2. Kerusakan Kandung Kemih
Salah satu bahaya lainnya adalah kerusakan pada kandung kemih. Jika terus menerus menahan kencing, kandung kemih akan terus meregang. Hal ini dapat menyebabkan otot-otot di sekitar kandung kemih melemah dan akhirnya kehilangan kemampuan untuk mengosongkan kandung kemih secara sempurna.

3. Ginjal yang Terserang
Menahan kencing terlalu lama juga dapat berdampak pada kesehatan ginjal. Kebiasaan ini dapat menyebabkan tekanan darah dalam ginjal meningkat, yang pada akhirnya dapat merusak fungsi ginjal secara keseluruhan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?