Tampang

6 Potensi yang Didapat Tubuh Usai Konsumsi Singkong,Tingkatkan Mood hingga Mengontrol Diabetes

3 Jun 2024 08:59 wib. 37
0 0
Manfaat Singkong untuk Kesehatan Tubuh
Sumber foto: Google

Singkong atau Manihot esculenta adalah salah satu sumber makanan yang sangat umum di Indonesia. Singkong kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari gorengan hingga olahan yang lebih bervariasi seperti tape, makanan pokok, hingga kue-kue tradisional. Namun, selain rasanya yang lezat, konsumsi singkong juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Dalam artikel ini, akan dibahas enam potensi yang bisa didapatkan tubuh usai konsumsi singkong, mulai dari meningkatkan mood hingga mengontrol diabetes.

1. Sumber Energi yang Tinggi
Singkong merupakan sumber energi yang tinggi karena mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks menjadi sumber energi yang lambat terbakar, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, konsumsi singkong dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan.

2. Meningkatkan Mood
Singkong mengandung asam amino triptofan, yang merupakan bahan dasar pembuatan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati dan tidur. Konsumsi singkong dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi serta meningkatkan mood secara keseluruhan.

3. Mengandung Antioksidan
Singkong juga mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi singkong secara teratur, tubuh dapat dilindungi dari kerusakan sel dan pembentukan sel kanker.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%