Tampang

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Mudik, Kapan Nikah?

12 Apr 2024 12:40 wib. 790
0 0
Pertanyaan di Hari Lebaran
Sumber foto: canva.com

Ketika kumpul keluarga saat lebaran, kamu perlu memberikan ucapan selamat Idulfitri sembari menjawab pertanyaan menyebalkan saat lebaran yang mungkin saja muncul.

Perlu diingat, ketika menjawab pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan kamu harus memastikan jawaban yang diberikan tidak akan merusak suasana. Adakalanya, seseorang akan merasa sakit hati apabila menerima pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan.
Namun, bukan berarti kamu boleh membalasnya dengan memberikan jawaban yang kasar atau menyinggung. Kamu harus memberikan jawaban yang tepat, di mana jawaban tersebut tidak akan merusak suasana kumpul keluarga saat lebaran. Berikut merupakan beberapa pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan beserta cara menjawabnya.

1. Gimana Skripsinya? Kok Belum Lulus?
Biasanya, pertanyaan ini akan muncul jika kamu sudah berada pada masa pengerjaan skripsi.
Bagi sebagian besar mahasiswa, kata skripsi dan lulus adalah dua hal yang sangat sensitif dan terkadang bisa memengaruhi perasaan.
Memang benar, bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan untuk segera menyelesaikan skripsi atau lulus dari perkuliahan.
Meskipun begitu, tidak elok rasanya jika kamu meluapkan emosi terhadap orang yang menanyakan hal tersebut.
Kamu bisa menjawab dengan, “Alhamdulillah skripsinya masih saya kerjakan, tinggal menunggu acc dosen saja, Tante, Om, mohon doanya semoga dilancarkan saja, ya.”
Selanjutnya, apabila kamu mendapat pertanyaan tentang kapan lulus, tapi mungkin kamu sedang berjuang untuk mencapai hal tersebut, cukup dijawab dengan:
“InsyaAllah secepatnya, pengennya juga begitu, tapi mungkin ada beberapa hal yang harus saya kerjakan dulu. Supaya nanti ketika lulus saya langsung bisa cari pekerjaan.

2. Kapan Nikah?
Untuk bisa menjawab pertanyaan lebaran tersebut, kamu perlu menenangkan diri dan jangan sampai terbawa emosi.
Jika emosi sudah terkontrol, ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk menjawab pertanyaan ini. Pertama, dengan memberikan jawaban serius. Pernikahan merupakan hal yang serius, maka perlu persiapan yang matang untuk bisa melakukannya.
Jadi, berikan jawaban yang menjelaskan bahwa menikah itu butuh persiapan panjang dan tidak bisa asal dilakukan. Untuk contohnya, kamu bisa memakai kalimat berikut:

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?