Tampang

Tips Menabung ala "Sandwich Gen" untuk Keuangan yang Lebih Sehat

26 Mei 2024 15:00 wib. 383
0 0
Menabung ala "Sandwich Gen"

Ketika membicarakan tentang sandwich gen, istilah "sandwich generation" merujuk pada orang-orang yang harus menanggung tanggung jawab keuangan mereka sendiri, serta orangtua dan anak-anak mereka. Bagi generasi ini, menabung adalah suatu keharusan untuk memastikan kestabilan keuangan di masa depan. Berikut ini adalah beberapa tips menabung ala sandwich gen untuk mengelola keuangan dengan lebih baik:

1. Tentukan Prioritas
Pertama-tama, tetapkan prioritas dalam menabung. Hal ini mencakup menabung untuk masa pensiun, dana darurat, pendidikan anak, serta perawatan orang tua. Dengan menentukan prioritas ini, Anda dapat lebih mudah mengatur alokasi dana sesuai dengan kebutuhan utama.

2. Buat Rencana Keuangan
Buatlah rencana keuangan yang jelas dan terstruktur. Hal ini meliputi perencanaan pengeluaran, investasi, dan tabungan secara terinci. Dengan adanya rencana keuangan, Anda bisa lebih mudah untuk mengendalikan pengeluaran dan menabung dengan lebih disiplin.

3. Automatisasi Tabungan
Salah satu cara efektif untuk menabung ala sandwich gen adalah dengan mengautomatisasi tabungan. Atur pembayaran otomatis ke rekening tabungan atau investasi setiap bulan. Dengan cara ini, Anda tidak akan tergoda untuk menghabiskan uang tersebut dan tabungan pun akan terus bertambah secara konsisten.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%